Senin, 28 Juni 2010

Struktur Komunitas Ikan Karang Famili Chaetodontidae Di Kawasan Reklamasi Teluk Manado.


RINGKASAN

Beny H. Zougira. 010 513 014. Struktur Komunitas Ikan Karang Famili Chaetodontidae Di Kawasan Reklamasi Teluk Manado.
Di bimbing oleh Prof. Dr. Ir. Janny D. Kusen. M.Sc, selaku dosen pembimbing I dan Calvin Sondakh. S.Pi. M.Sc Stud, selaku dosen pembimbing II.


Salah satu komunitas fauna yang terbesar di terumbu karang adalah ikan. Ikan yang menghuni terumbu karang adalah salah satu sumberdaya hayati perairan yang sangat penting bagi manusia yaitu sebagai sumber protein hewani. Ikan-ikan ini biasa hidup soliter, berpasangan dan juga berkelompok. Umumnya memiliki panjang tubuh berkisar antara 13 – 30 cm. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui struktur komunitas dan (2) mengiventarisasi jenis-jenis ikan famili Chaetodontidae.

Penelitian ini dilakukan di 3 lokasi yaitu kawasan reklamasi Mega Mas, MCC dan Bahu Mall. Metode yang digunakan adalah sensus visual terhadap ikan-ikan Chaetodontidae di kawasan reklamasi. Penelitian dilakukan sejak pagi hari hingga siang hari, karena ikan-ikan ini bersifat diurnal.
Jumlah spesies yang ditemukan di Mega Mas, MCC dan Bahu Mall sebanyak 17 spesies (250 individu). Adapun 17 spesies tersebut adalah Chaetodon klenii, C. vagabundus, C. lineolatus, C. auriga, C. rafflesi, C. trifascialis, C. lunula, C. baronesa, C. retikulatus, C. lunulatus, C. speculum, C. centrinellus, C. melanotus, C. meyeri, H. chrysostomus, H. varius,dan Forcipiger flavissimus, ikan-ikan ini ditemukan masing-masing di Mega Mas (14 spesies), MCC (5 spesies), dan Bahu Mall (9 spesies).
Mega Mas menunjukkan kepadatan relatif tertinggi yaitu dari spesies Chaetodon klenii dan C. vagabundus dengan nilai 23,26% dan yang terendah yaitu pada spesies Chaetodon rafflesi dan C. retikulatus dengan nilai 1,16%. Untuk perairan reklamasi MCC kepadatan tertinggi yaitu dari spesies C. klenii dengan nilai 75% dan terendah yaitu pada spesies C. lunulatus dengan nilai 2,08%. Sedangkan kawasan reklamasi Bahu Mall kepadatan relatif tertinggi yaitu dari spesies C. klenii dengan nilai 20,59% dan yang terendah yaitu pada spesies C. baronesa dengan nilai 5,88%.
Keanekaragaman tertinggi terdapat di perairan Bahu Mall (2,065) dan yang terendah terdapat di perairan MCC (0,714). Nilai kemerataan tertinggi terdapat di perairan Bahu Mall (0,974) dan yang terendah terdapat di perairan MCC (0,661). Nilai dominasi tertinggi terdapat di perairan MCC (0,606) sedangkan nilai terendah terdapat di perairan Bahu Mall (0,135). Nilai kekayaan tertinggi terdapat di perairan Bahu Mall (R = 2,390) dan terendah terdapat di perairan MCC (R = 0,577).

Tidak ada komentar:

BBC

Arsip Blog