Popular Science News

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Senin, 28 Juni 2010

Struktur Komunitas Ikan Karang Famili Chaetodontidae Di Kawasan Reklamasi Teluk Manado.


RINGKASAN

Beny H. Zougira. 010 513 014. Struktur Komunitas Ikan Karang Famili Chaetodontidae Di Kawasan Reklamasi Teluk Manado.
Di bimbing oleh Prof. Dr. Ir. Janny D. Kusen. M.Sc, selaku dosen pembimbing I dan Calvin Sondakh. S.Pi. M.Sc Stud, selaku dosen pembimbing II.


Salah satu komunitas fauna yang terbesar di terumbu karang adalah ikan. Ikan yang menghuni terumbu karang adalah salah satu sumberdaya hayati perairan yang sangat penting bagi manusia yaitu sebagai sumber protein hewani. Ikan-ikan ini biasa hidup soliter, berpasangan dan juga berkelompok. Umumnya memiliki panjang tubuh berkisar antara 13 – 30 cm. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui struktur komunitas dan (2) mengiventarisasi jenis-jenis ikan famili Chaetodontidae.

Pertumbuhan dan Mortalitas Abalon (Haliotis varia) di Perairan Pesisir Desa Bulo dan Desa Mokupa Kabupaten Minahasa



ABSTRAK
Novri F. Tondatuon. 000 513 106. “Pertumbuhan dan Mortalitas Abalon (Haliotis varia) di Perairan Pesisir Desa Bulo dan Desa Mokupa Kabupaten Minahasa”. Dibimbing oleh Ir. Medy Ompi, M.Sc,Ph.D. dan Prof. Dr. Ir. G. J. Fontje Kaligis, M.Sc.

Abalon memiliki nilai pasar yang cukup tinggi, daging abalon dapat dimakan mentah, dimasak, dikeringkan atau diasinkan. Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Perancis, Australia dan Cina, daging abalon digemari sebagai makanan kaleng. Pemanfaatan biota ini di Indonesia baru berkisar pada pemanfaatan cangkang sebagai bahan baku untuk pembuatan perhiasan, cenderamata dan kancing baju serta pemanfaatan oleh penduduk lokal sebagai bahan makanan di beberapa kawasan pesisir Sulawesi Utara, namun pemanfaatan tersebut menimbulkan menurunnya populasi abalon.

Sabtu, 26 Juni 2010

Intrusi Air Laut Pada Hilir Sungai Tondano di Kota Manado



RINGKASAN
Steve Fredrich Jansen. NIM. 99 053 158. Intrusi Air Laut Pada Hilir Sungai Tondano di Kota Manado. Dibimbing oleh: Ir. P. A. ANGMALISANG, M.Sc Ph.D dan Dr. Ir. R. DJAMALUDDIN, MS

Muara sungai merupakan salah satu bentuklahan (landform) di wilayah pesisir dimana bentukan dari daerah pertemuan antara massa air laut dengan massa air daratan. Bentuklahan ini diketahui mudah terganggu akibat proses alamiah maupun aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Hilir Sungai Tondano di Kota Manado masih terpengaruh oleh lingkungan sekitar hilir yang berhubungan dengan terjadinya intrusi air laut.

Minggu, 06 Juni 2010

PKL : Pengukuran Konsentrasi Logam Berat Merkuri (Hg) di Sungai Tondano, Kota Manado

RINGKASAN
Mustika Kelana Tarigan. NIM : 99053188. Pengukuran Konsentrasi Logam Berat Merkuri (Hg) di Sungai Tondano, Kota Manado. Dibimbing oleh Ir. Markus T. Lasut,M.Sc dan Ir. N.D.C.Rumampuk,M.Si

Merkuri dan komponen-komponen merkuri banyak digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya industry klor-alkali, cat, kedokteran gigi, alat-alat laboratorium, obat-obatan dan kegiatan pertanian. Apabila logam berat merkuri ini terbuang ke sungai, pantai atau badan-badan air di sekitar kegiatan tersebut, kemudian akan dapat mengkontaminasi ikan-ikan dan mahluk air lainnya.

BBC

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Arsip Blog

Ada kesalahan di dalam gadget ini

NYTimes

Press Europ